Sabtu, 25 Agustus 2012

Klasifikasi Jaringan

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer dan perlalatan lain yang saling terhubung dan saling bertukar data atau informasi melalui media transmisi tertentu. Media transmisi dapat berupa kabel ataupun gelombang radio, infrared atau satelit. Setiap perlalatan yang tersambung ke jaringan disebut node. Tujuan dari jaringan komputer adalah: Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting Akses informasi: contohnya web browsing Jenis jaringan komputer memiliki beberapa kriteria, Seperti luas area, media transmisi, dan pola operasi.


A. Berdarsarkan Luas Area:

1. Jaringan Personal (Personal Area Network/PAN)
PAN atau Personal Area Network Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire.

2. Jaringan Lokal (Local Area Network / LAN) Lokal (LAN)
adalah jaringan dengan cakupan areal terbatas pada satu lokasi, misalnya dalam satu ruangan, satu gedung, atau beberapa gedung yang sangat berdekatan. LAN pada umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) pada jarak maksimum 100 meter, kabel Coaxial hingga 500 meter, bahkan Serat Optik (Fiber Optic) dalam jarak lingkar 3 kilometer, tetapi banyak LAN yang tidak pakai kabel (Wireless LAN atau WaveLAN) tetapi menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi.

3. Jaringan Kota (Metropolitan Area Network / MAN)
Jaringan Kota (MAN) adalah perluasan LAN sehingga mencakup areal satu kota, misalnya jaringan antar kampus dan jaringan antar kantor cabang, sehingga dapat mencapai jarak rentang antara 10 – 45 kilometer. Media transmisi kabel adalah Serat Optik, tetapi banyak yang menggunakan fasilitas komunikasi telepon seperti jalur sewa (leased line, T1 line), atau menggunakan antena parabola melalui gelombang mikro (microwave), bahkan antena Satelit.

4. Jaringan Luas (Wide Area Network / WAN) Jaringan Luas (WAN)
adalah jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua, bentangannya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

Beberapa sumber lain mebedakan jaringan komputer menjadi :

1. Campus Area Network (CAN)
Sebuah jaringan kampus atau basis-basis militer yang saling terhubung., contoh salah satu kalangan Campus / Sekolah yang saling terhubung dan bisa berkomunikasi. Jaraknya sekitar 1000 s/d 10.000 m (Universitas)

2. NAN (Neighborhood Area Network)
Jaraknya 10 s/d 1000 m (RT/RW)

3. GAN (Global Area Network)
GAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya lebih luas. Jaringan inimerupakan komputer-komputer yang ada di negara-negara diseluruh dunia. Pada saat ini jaringan yang termasuk GAN adalah internet. Dimana internet dapat menghubungkan komputer-komputer yang ada diseluruh dunia.

4. RAN (Regional Area Network)
merupakan jaringan komputer yang cakupannya luas, jaringan ini dapat mencakup antar negara bahkan antar benua

5. SAN (Storage Area Network) SAN (Storage Area Network)
adalah jaringan yang memiliki high performance dan digunakan untuk kounikasi data antar server dan storage resource.

6. IPN (InterPlanet Network)
merupakan jaringan komunikasi antar- planet, satelit, asteroid, pesawat ruang angkasa robot, pesawat ruang angkasa berawak. Jaringan ini berupa backbone yang menghubungkan komunitas dan infrastruktur di entitas tersebut. Jaraknya? kurang tau saya.. Jarak Bumi menuju Mars saja sudah 55.76 juta km

SUMBER
http://transiskom.blogspot.com/2010/06/jaringan-komputer.html

http://www.diditrinjano.com/2012/07/pengertian-dari-lan-man-wan-san-dan-pan.html

1 komentar: